Connect with us

Life

Tawasul Ayat Al Quran Tangkal Gempa

.

Akhir-akhir ini gempa dan musibah alam menimpa negeri tercinta Indonesia secara bertubi-tubi. Semua lapisan masyarakat menjadi khawatir karena gempa bisa terjadi kapan pun tanpa memberitahu lebih dahulu.

Gempa bisa jadi kehendak alam yang tak bisa dihindari dan terjadi kapanpun. Mungkin teknologi saat ini bisa mengantisipasi, tapi pada kenyataannya tetap saja banyak korban. Jika Allah berkehendak, maka segala sesuatunya pun akan terjadi.

Karena itu, berbekal pada doa adalah di antara ikhtiar karena harus disadari bahwa pengendali alam sebenarnya adalah Allah Swt. Allah Swt dalam surat Al Fatir ayat 41 berfirman;

إِنَّ اللَّهَ يُمْسِكُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ أَنْ تَزُولَا ۚ وَلَئِنْ زَالَتَا إِنْ أَمْسَكَهُمَا مِنْ أَحَدٍ مِنْ بَعْدِهِ ۚ إِنَّهُ كَانَ حَلِيمًا غَفُورًا

“Sesungguhnya Allah menahan langit dan bumi supaya jangan lenyap (tergelincir). Dan sungguh jika keduanya akan lenyap tidak ada seorangpun yang dapat menahan keduanya selain Allah. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun (Penyabar) lagi Maha Pengampun.”

Untuk itu, berdoalah saat gempa dan musibah alam terjadi. Berikut ini adalah doa yang diriwayatkan Imam Ja´far As Shodiq yang merupakan generasi kelima dari keturunan Nabi Saw. Beliau Imam Jafar As Shodiq bin Muhammad Al Bagir bin Ali Zainal Abidin bin Husein bin Ali bin Abi Thalib sebagai suami dari putri Rasulullah Saw, Sayidah Fatimah Az Zahra sa binti Nabi Saw.

Ketika dihadapkan pada gempa, sang cucu Nabi Saw generasi kelima, Imam Jafar As Sadiq sa, menganjurkan untuk membaca doa yang kandunganya adalah surat Al Fatir ayat 41 seperti yang tertulis di atas. Secara tidak langsung, Imam Jafar mengajak bertawasul pada ayat tersebut untuk menundukkan alam dengan izin Allah Swt.

Berikut ini adalah doa berdasarkan riwayat Imam Jafar yang berkhasiat dahsyat sebagai penangkal musibah akibat gempa;

“یَا مَن يُمْسِكُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ أَنْ تَزُولَا ۚ وَلَئِنْ زَالَتَا إِنْ أَمْسَكَهُمَا مِنْ أَحَدٍ مِنْ بَعْدِهِ ۚ إِنَّهُ كَانَ حَلِيمًا غَفُورًا
صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ آلِ مُحَمَّدٍ وَ امسك عَنَّا السُّوءَ إِنَّك عَلَى کُلِّ شَیْ‏ءٍ قَدِیرٌ ”
Ya man yumsikus samawaati wal ardho an tazuulaa wa la´in zaalataa in amsakahuma min ahadin min ba´dihi. Innahu kaana haliman ghofuran. Sholli ala Muhammadin wa Aali Muhammadin wa amsik ´annas suu´a innaka ´ala kulli syay´in qodiir.

“Wahai Yang menahan langit dan bumi supaya jangan lenyap (tergelincir). Dan sungguh jika keduanya akan lenyap (tergelincir), tidak ada seorangpun yang dapat menahan keduanya selain Allah. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun (Penyabar) lagi Maha Pengampun. Bersholawatlah kepada Nabi Muhammad dan keluarga sucinya, maka cegahlah keburukan dari kami. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Imam Jafar As Shodiq juga menjelaskan, Barang siapa yang membaca doa tersebut, maka ia akan aman dari reruntuhan rumah.

Habib Hasyim Arsal Al Habsi

Continue Reading
You may also like...

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem eum fugiat quo voluptas nulla pariatur.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Life

To Top