2020 tahunnya 5g

2020 adalah tahunnya 5G

Posted on

2020 adalah tahunnya 5G

Seberapa sering kita mendengar ungkapan tersebut? Atau setidaknya ungkapan yang serupa tentang teknologi inovatif? Baru tahun lalu, sebuah perusahaan riset di bidang teknologi bernama Gartner memperkirakan bahwa pendapatan infrastruktur jaringan 5G di seluruh dunia akan mencapai $ 4,2 miliar pada tahun 2020, meningkat 89% dari 2019.

Ada satu perbedaan unik dari jaringan 5G dibandingkan dengan teknologi lainnya. Hal tersebut tidak hanya dianggap transformatif di hampir setiap sektor, tetapi sedang diujicobakan dan diimplementasikan oleh pebisnis di seluruh dunia saat ini. Walaupun secara global infrastrukturnya belum cukup baik, produsen seluler terkemuka seperti Samsung dan Apple meluncurkan ponsel yang sudah siap 5G.

Hitungan mundur ke revolusi 5G secara massal telah dimulai. Dan jika Anda berpikir koneksi internet sekarang sudah cukup nyaman dan cepat, tunggu saja hingga 5G masuk.

Masa depan adalah 5G

Jadi mengapa 5G mendapatkan banyak perhatian? Mari kita bahas satu per satu, 1G memberikan fasilitas suara, teks tambahan seperti sms muncul di 2G, mobile layaknya komputer terdapat pada 3G, dan peluncuran 4G pada tahun 2013 merevolusi cara kita menggunakan perangkat seluler. Pada akhirnya sampai mendorong pertumbuhan platform streaming.

Dampaknya terlihat ketika terjadi pandemi global, di mana jutaan orang terkurung di rumah selama masa lock-down Covid-19. Netflix, YouTube, dan banyak platform lain terpaksa memperlambat kecepatan layanan streaming mereka dikarenakan peningkatan jumlah orang yang menonton di rumah. Itu adalah keputusan yang diperlukan, tetapi mungkin tidak harus terjadi apabila menggunakan jaringan 5G.

Perbedaan besar 5G adalah kecepatan pengiriman data yang akan diaktifkan. Bayangkan sebuah selang air biasa melawan selang milik pemadam kebakaran. Air yang mengalir melalui selang adalah data 4G, sementara selang pemadam kebakaran sebagai 5G. Jadi bukan hanya waktu menunggunya lebih singkat, tetapi saluran perpindahan informasinya juga lebih besar. Dan itu jauh, jauh lebih cepat.

Baca juga :  Siapkah Indonesia Menghadapi Virus Corona

5G dapat memungkinkan komunikasi real-time yang sebenarnya. Komunikasi melalui jaringan secara real-time dapat menjadi sebuah perubahan yang berarti.

5G itu akan datang, tetapi belum

Meskipun ada begitu banyak janji, kita tetap harus menghadapi kenyataan dan fakta. 5G belum siap diadopsi secara luas. Penyedia komunikasi membutuhkan waktu dalam menginvestasikan uang dan sumber daya ke infrastruktur yang diperlukan. Dukungan pemerintah juga diperlukan untuk mengubah implementasi menjadi kenyataan.

Masalah lain yang muncul adalah regulasi data dan kekhawatiran privasi. 5G akan melihat sejumlah besar data yang ditangkap secara real time. Konsumen perlu waktu untuk merasa nyaman berbagi data sebanyak ini, terutama dalam dunia bisnis. Menurut sebuah studi baru-baru ini, lebih dari sepertiga business leaders (35%) menyatakan kekhawatiran tentang keamanan 5G.

Konsumen dan brand harus mengambil setiap langkah menuju adopsi massal 5G dengan penuh kehati-hatian dan tanggung jawab. Seperti yang pernah diucapkan Bill Gates dalam sebuah kutipan, “Kita selalu melebih-lebihkan perubahan yang akan terjadi dalam dua tahun ke depan dan meremehkan perubahan yang akan terjadi dalam sepuluh tahun yang akan datang.”

Selanjutnya?

Kita harus mulai bersiap sejak sekarang. Ini jauh lebih besar dari sebuah iklan dan bukan lagi fiksi, tapi akan menjadi gaya hidup yang sama sekali berbeda. Bagaimana kalau seorang ahli bedah bisa memonitor kesehatan ribuan pasiennya secara real-time? Atau apabila seorang petani bisa membuat jaringan online untuk memantau dan mengoptimalkan kualitas tanamannya, di mana menyiram tanaman hanya ketika diperlukan sehingga bisa menghasilkan hasil panen sebaik mungkin.

5G pada dasarnya akan mengubah cara kita melakukan bisnis, beriklan, membeli, berolahraga, atau berproduksi. Dunia ini akan datang baik kita sukai atau tidak. Pertanyaannya bukanlah kapan, tetapi apakah kita akan siap?

Baca juga :  Referendum Rusia untuk Perubahan Konstitusi
prakiraan pendapatan wireless dan 5G
Infografis prakiraan pendapatan infrastruktur di seluruh dunia kurun waktu 2018-2021